Doa-doa untuk Keselamatan dan Kelancaran Ibadah Haji Arab Latin dan Artinya

Daftar Isi

Doa-doa untuk Keselamatan dan Kelancaran Ibadah Haji Arab Latin dan Artinya
Menunaikan ibadah haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan bagi umat Islam yang mampu.

Perjalanan haji ke Tanah Suci bukan hanya perjalanan fisik, tetapi juga perjalanan spiritual yang membutuhkan persiapan matang, baik fisik, mental, maupun spiritual.

Salah satu persiapan penting dalam menunaikan ibadah haji adalah memanjatkan doa kepada Allah SWT agar diberikan keselamatan, kelancaran, dan kemudahan dalam melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji.

Berikut beberapa doa yang dapat diamalkan untuk memohon keselamatan dan kelancaran ibadah haji lengkap dengan tulisan arab latin dan artinya:

1. Doa Sebelum Berangkat Haji

Doa memohon kemudahan:

Arab-latin: "Allahumma inni as'aluk khairahâ wa khaira ahlihâ wa khaira mâ fîhâ wa a'ûzubika min syarrihâ wa syarri ahlihâ wa syarri mâ fîhâ."

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan tempat ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan apa pun yang ada di dalamnya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan tempat ini, kejahatan penduduknya, dan kejahatan apa pun yang ada di dalamnya."

Doa memohon keselamatan dan kelancaran:

Arab-latin: "Rabbij'alnî salîman wa adkhilnî mudkhalaan salîman wa ahrunjnî mukhrajan salîman wa aj'alnî min ladunka sultânan salîman."

Artinya: "Ya Tuhanku, jadikanlah aku orang yang berserah diri dan masukkanlah aku ke dalam kota ini dengan selamat dan keluarkanlah aku dengan selamat. Dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang kokoh."

Doa ketika hendak pergi haji:

Arab-latin: "Astaudi'ullaha diinaka wa amaanataka wa khawaatima 'amalik."

Artinya: "Aku menitipkan agamamu, amalanmu dan akhir amal perbuatanmu kepada Allah."

2. Doa Ketika Perjalanan Haji

Doa ketika melepas keberangkatan jamaah haji:

Doa ini ducapkan oleh para keluarga atau kerabat yang salah satu anggotanya hendak berangkat haji.

Arab-latin: "Zawwadakallâhut taqwâ, wa ghafara dzanbaka, wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta."

Artinya: "Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosamu, dan memudahkanmu dalam jalan kebaikan dimanapun kau berada."

Doa ketika naik pesawat:

Doa ini ducapkan ketika para jamaah haji sudah naik ke dalam pesawat.

Doa ketika mendekati tempat tujuan:

Latin: "Allahumma inni as aluka min khoiri hadzihil ardhi wa khoiri maa jumi'at fiiha wa a'udzubika min syarra haa wa syarra maa jumi'at fiiha. Allahummarzuqna himaha, wa a'idna min wabaha, wahabbabna ila ahliha, wa habbab sholihi ahliha ilaina".

Artinya: "Ya Allah, aku mohon yang terbaik dari bumi ini dan segala kebaikan yang terhimpun di dalamnya dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan segala keburukan yang terhimpun di dalamnya. Ya Allah, berilah kami perlindungan, dan lindungilah kami dari wabahnya, buatlah kami dapat mencintai penduduknya dan penduduknya yang solih mencintai kami".

Doa ketika sampai di tempat tujuan

Latin: "Allahumma inni as aluka khairaha wa khaira ma fiha wa khaira ma arsalta bihi ahlihaa wa a'udzubika min syarrahaa wa syarra ahlihaa wasyarra maa fiha wa syarra ma arsaltabih."

Artinya: "Ya Allah, aku memohon pada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Dan aku berlindung pada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya."

3. Doa Saat Berada di Tanah Suci

Doa di Baitullah/Mekah:

Arab-latin: "Allahumma inni dakhiltul baitaka mu'taminan mu'tasliman rajiyan laka thawabaka wa ridhaaka."

Artinya: "Ya Allah, aku telah memasuki rumah-Mu dengan penuh rasa aman dan berserah diri, mengharapkan pahala dan ridha-Mu."

Doa di Arafah:

Arab-latin: "Allahumma laka al-hamd wa laka al-minnah wa laka al-majd wa laka al-'izzah wa laka al-qudrah wa laka al-kubrah wa anta al-malik la ilaha illa anta."

Artinya: "Ya Allah, segala puji, segala nikmat, segala kemuliaan, segala kehormatan, segala kekuatan, dan segala kebesaran hanya milik-Mu. Dan Engkaulah Raja, tiada tuhan selain Engkau."

Doa di Muzdalifah:

Arab-latin: "Allahumma inni as'aluk ma as'alahu abduka wa nabiyyuka Muhammadun sallallahu 'alaihi wa sallam wa as'aluk min khaira mmaa sala minhu wa as'aluka min khaira mmaa lam yas'alhu minhu wa a'udu bika min syarri mmaa 'aaz minhu wa min syarri mmaa lam ya'az minhu."

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu apa yang dimohonkan hamba-Mu dan nabi-Mu Muhammad SAW, dan aku memohon kepada-Mu dari kebaikan apa yang dia mohonkan dan aku memohon kepada-Mu dari kebaikan apa yang tidak dia mohonkan. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan apa yang dia berlindung darinya dan dari kejahatan apa yang tidak dia berlindung darinya."

Doa di Mina:

Arab-latin: "Allahumma laka al-hamd ka'thiran wa thubanan wa mubarakan wa mu'taman wa mu'tana wa mu'karraman."

Artinya: "Ya Allah, segala puji bagi-Mu yang banyak, terpuji, diberkahi, aman, terpelihara, dan dimuliakan."

4. Doa Setelah Berhaji

Doa memohon haji mabrur:

Arab-latin: "Allahumma hajjan mabruuran wa sa'yan mabruuran wa tijaaratan mabruurah."

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah hajiku haji yang mabrur, sa'iku sa'i yang mabrur, dan perdaganganku perdagangan yang mabrur."

Arab-latin: "Bismillaahi wallahu akbar, rajman lisysyayaathiini wa ridhan lirrahmaani allhummaj'al hajjan mabruuran wa sa'yan masykuuran."

Artinya: "Dengan nama Allah, Allah Maha Besar, kutukan bagi segala setan dan ridha bagi Allah Yang Maha Pengasih, Ya Allah Tuhanku, jadikanlah hajiku ini haji yang mabrur dan sa'i yang diterima."

Doa memohon ampunan dosa:

Arab-latin: "Allahumma aghfirli wa li walidayya wa li mu'minin wa lil mu'minaat."

Artinya: "Ya Allah, ampunilah aku, kedua orang tuaku, orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan."

Doa menyambut kepulangan haji:

Arab-latin: "Allâhumaghfir lil-hâjji wa limanistaghfara lahul-hâjju."

Artinya: "Ya Allah, ampunilah orang yang telah menunaikan haji, dan kabulkan seluruh ampunan yang telah disampaikan oleh orang yang telah menunaikan haji."

Doa ketika tiba di rumah:

Ketika jemaah haji sampai di kampung halaman, dianjurkan melaksanakan salat sunnah Safar  sebanyak 2 rakaat sebagai simbol syukur setelah kembali dengan selamat, dan sunnahnya salat tersebut dilaksanakan di dekat rumah. Kemudian bacakan doa ini:

Arab-latin: :"Alhamdulillaahil ladzii nasharanii bi qadhaa-i nusukii wahafazhanii min wa'tsaa-is safari hattaa a'uuda ilaa ahlii. Allaahumma baarik fii hayaatii ba'dal hajji waj'alnii minash shaalihiin."

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberikan pertolongan kepadaku dengan melaksanakan ibadah haji dan telah menjaga diriku dari kesulitan bepergian sehingga aku dapat kembali lagi kepada keluargaku. Ya Allah, berkatilah dalam hidupku setelah melaksanakan haji dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang shaleh."

Selain memanjatkan doa, penting juga untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, serta mengikuti semua aturan dan tata cara ibadah haji dengan benar.

BUKU DOA DAN DZIKIR HAJI GRATIS DARI KEMENAG

Berikut adalah link download buku doa dan dzikir gratis dari Kemenag:

DOWNLOAD PDF

Demikian kumpulan doa-doa untuk keselamatan dan kelancaran haji. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat.

IKUTI BLOG